Cegah Kebakaran di Bangunan Tinggi Dinas Gulkarmat Adakan Simulasi Kebakaran

12 Sep 2019
By: Yudhistira Ari Maesa | Pukul 15.00 WIB / Seksi Publikasi dan Pemberdayaan Masyarakat DPKP Provinsi DKI Jakarta

Jakarta - Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta menggelar kegiatan simulasi penanganan kebakaran di Gandaria City Mall, Kebayoran Lama Utara, Kecamatan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Kepala Seksi Rencana Operasi Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta, Sriyono mengatakan, simulasi penanganan kebakaran ini menjadi glasi personel gabungan untuk mengukur respons cepat dan meningkatkan kemampuan penanganan kebakaran di gedung bertingkat.

"Tidak hanya tentang proses pemadaman, tapi juga berkaitan dengan evakuasi untuk meminimalisir jatuhnya korban luka maupun jiwa," ujarnya, Kamis (12/9).

Sriyono menjelaskankan, pada skenario simulasi ini, api membakar lantai tiga Gandaria City Mall, tepatnya di lantai roof top. Kemudian, pihak keamanan mal membunyikan alarm serta mengevakuasi karyawan menuju assembly point.

"Setelah menerima laporan, kami mengerahkan 13 unit mobil pemadam berikut ambulans, mobil tangga, dan pompa," terangnya.

Sementara itu, Kepala Pengendali Operasi Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Mulyanto menambahkan, simulasi ini merupakan lokasi ketiga yang dilakukan oleh Dinas Gulkarmat setelah sebelumnya diadakan di Gedung Kuningan City, dan Menara BCA.

"Melalui kegiatan ini kami berharap setiap gedung di Jakarta sudah memiliki kesiapan sarana profesi kebakaran, dan menguatkan pembentukan Manajemen Keselamatan Kebakaran Gedung," ungkapnya.

Sementara, Direktur Management Superblock Gandaria City, Martin Marpaung sangat mengapresiasi pelaksanaan simulasi kebakaraan tersebut.

"Personel internal kami juga jadi bisa lebih memahami untuk melakukan penanganan dini dan evakuasi jika terjadi kebakaran," tandasnya.


Create Account



Log In Your Account