Tiga Pohon Tumbang di Jaktim Berhasil Dievakuasi

Hujan deras disertai angin kencang, menyebabkan tiga pohon tumbang di tiga lokasi berbeda di Jakarta Timur, Jumat (26/11) petang. Selain menimpa kabel listrik, batang pohon tumbang ini juga ada yang menutupi badan jalan.

Kasi Pengendalian Kebakaran dan Penyelamatan Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur,  Gatot  Sulaeman mengatakan, pohon tumbang  pertama terjadi di Jl Jelita Timur RT 08 /10 Kelurahan Rawamangun, Pulogadung. Pohon jenis Beringin dengan diameter 90 sentimeter dan tinggi lima meter ini tumbang sekitar pukul 16.20, saat cuaca diguyur hujan deras disertai angin kencang. Pohon tersebut menutupi badan jalan.

"Kita kerahkan lima personel untuk evakuasi pohon tumbang tersebut. Proses evakuasi berakhir pukul. 16.40," kata Gatot.

Kejadian kedua, lanjut Gatot, terjadi Jl Pancawardi RT 002 /010 Kelurahan Kayu Putih, Pulogadung. Pohon jenis Angsana dengan diameter satu  meter dan tinggi 10 meter, tumbang sekitar pukul 18.10. Batang pohon menyangkut di atas kabel PLN. Pihaknya mengerahkan lima personel untuk evakuasi pohon tumbang tersebut. Evakuasi dilakukan mulai pukul 18.25  dan berakhir sekitar pukul 19.15.

Selanjutnya, pohon tumbang ketiga terjadi di Jl Pulomas Utara, dekat Waduk Ria Rio, Kayu Putih. Pohon jenis  Angsana dengan diamater dua meter ini tumbang sekitar pukul 18.02.  Batang pohon menutupi sebagian badan jalan. Untuk evakuasi, pihaknya mengerahkan dua unit light rescue dan 12 personelnya. Proses evakuasi dimulai sekitar pukul 18.20 dan berakhir sekitar pukul 20.05 .

"Tiga pohon tumbang ini tidak sampai menimbulkan korban jiwa maupun luka. Batang pohon hanya menutupi badan jalan dan menimpa kabel tiang listrik," lanjut Gatot.