Konsleting listrik diduga penyebab kebakaran gudang furnitur di Cilangkap

Hubungan arus pendek listrik diduga menjadi pemicu terjadinya kebakaran gudang furnitur di Jl. Basuki RT 07 RW 06, Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (1/9) siang.

Kasi Pengendalian Kebakaran dan Penyelamatan Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur, Gatot Sulaeman mengatakan, peristiwa ini terjadi akibat percikan api dari kabel listrik yang menimpa tumpukan busa untuk furnitur. Dalam sekejap api membesar dan membakar seluruh isi gudang seluas 450 meter persegi tersebut.

"Dari keterangan di lokasi kejadian, kebakaran diduga akibat korsleting listrik. Awalnya ada busa yang terkena percikan listrik lalu terbakar dan membesar," kata Gatot.

Menurut Gatot, warga sekitar bersama karyawan gudang sudah berupaya memadamkan kobaran api dengan peralatan sederhana. Namun upaya tersebut tak membuahkan hasil dan kobaran api terus membesar.

"Untuk memadamkan api, kami kerahkan 16 unit mobil pemadam berikut 80 personel. Dalam waktu sekitar dua jam api berhasil dipadamkan petugas," jelasnya.

Gatot menambahkan ada korban luka dari karyawan uang berusaha menyelamatkan diri dari lantai dua, namun tidak mengalami luka serius dan sudah dalam penanganan tim medis.

"Guna penyelidikan lebih lanjut, kasus kebakaran ini ditangani aparat Kepolisian Sektor Cipayung," tandasnya.