Warga Jakarta Kerja di Rumah, Insiden Kebakaran Menurun

Jakarta - Kepala Seksi Operasi Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Suku Gulkarmat Jakarta Timur, Gatot Sulaeman menyampaikan laporan peristiwa kebakaran di wilayah Jakarta Timur tahun 2020 menurun apabila dibandingkan dengan 2019 lalu.

Hal itu disebabkan karena kebijakan work from home atau bekerja dari rumah yang diberlakukan Pemprov DKI Jakarta untuk mencegah penyebaran virus corona.

"Kejadian kebakaran periode Januari sampai Maret tahun ini, apabila dibandingkan dengam tahun lalu, memang menurun lebih dari 50 persen," ucap Gatot.

Permintaan masyarakat kepada Sudin Gulkarmat Jakarta Timur saat ini lebih banyak dipenuhi dengan proses penyemprotan disinfektan di lingkungan perumahan warga dan fasilitas umum.

"Hal ini mengartikan bahwa banyak masyarakat yang berdiam di rumah, karena kalau mereka di rumah, lebih berhati-hati apabila terjadi kebakaran," ungkapnya.

Gatot menuturkan, peristiwa kebakaran yang sering terjadi di wilayah Jakarta Timur, mayoritas disebabkan karena hubungan arus pendek listrik yang terjadi saat penghuni tak berada di rumah.

Meski begitu, ia mengharapkan agar masyarakat tetap berhati-hati dengan cara melakukan pengecekan terhadap instalasi listrik. Serta mengecek regulator tabung gas secara rutin.