Banyak Binatang Buas di Jakarta Petugas Rescue Gulkarmat DKI Dilatih Cara Menangkap Ular dan Buaya

13 Nov 2019
By: Yudhistira Ari Maesa | Pukul 15.00 WIB / Seksi Publikasi dan Pemberdayaan Masyarakat DPKP Provinsi DKI Jakarta

Jakarta - Karena masih banyaknya binatang buas di Ibu Kota, sebanyak 150 petugas penyelamatan (rescue) Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta dilatih menevakuasi binatang ular dan buaya.

Pelatihan berlangsung pada 12-14 November 2019 di Kantor Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Jalan KH Zainul Arifin, Gambir, Jakarta Pusat.

“Petugas yang sedang melakukan evakuasi di perairan sering berhadapan dengan binatang buas seperti buaya, ular, dan biawak. Untuk itu mereka diberi pelatihan cara aman menangkap binatang liar,” ujar Kepala Seksi Bantuan Operasional Penyelamatan Dinas Gulkarmat Edi Sucipto.

Edi Sucipto mengatakan, pelatihan ini diikuti oleh perwakilan petugas rescue dari Sudin Gulkarmat di lima wilayah kota, yang nantinya akan ditularkan ke petugas lain hingga di tingkat sektor.

"Karena tupoksi dari pemadam kebakaran tidak hanya memadamkan api, tetapi juga hal lain yang berkaitan dengan penyelamatan dan evakuasi," ujarnya.

Untuk kegiatan pelatihan sendiri didatangkan instruktur ahli reptil dari Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur. Harapannya petugas Dinas Gulkarmat bisa memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat dan warga bisa  merasakan kesigapan petugas ketika masyarakat membutuhkan bantuan atau pertolongan.


Create Account



Log In Your Account