Kunjungan Sat Pol PP dan Pemadam Bahaya Kebakaran (PBK) Kab. Musi Rawas Utara (MURATARA) Ke Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan ( DPKP) Provinsi DKI Jakarta

09 Feb 2018
By: Mulat Wijayanto | Pukul 16.00 WIB | Seksi Publikasi dan Pemberdayaan Masyarakat DPKP DKI Jakarta /

Jumat, 09 Februari 2018 Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta mendapat kunjungan dari Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) dan Pemadam Bahaya Kebakaran (PBK). Di dalam latar belakangnya Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) terbentuk pada tahun 2014 awal, saat ini mempunyai personil / anggota lebih kurang 106 orang yang berstatus Tenaga Kerja Sukarela ( TKS ) / Honorer dan Pegawai Negeri Sipil ( PNS ) sebanyak 20 orang yang saat ini di pimpin oleh Kepala Satuan (Kasat) yang bernama H. Haidir Kalingi, S.Sos. Personil / anggota TKS Satpol PP yang berjumlah lebih kurang 106 orang belum ada yang mendapatkan pendidikan dan pelatihan, misalkan pendidikan ke Ciracas ataupun ketempat Diklat lainnya, yang ada pernah mendapatkan pelatihan ketangkasan dengan mengundang Team Leader TNI dari Gandus-Palembang.

Beralih ke Pemadam Bahaya Kebakaran (PBK). Pemadam Bahaya Kebakaran ( PBK ) Kabupaten Musi Rawas Utara yang masih digabung dan atau dibawah naungan Kantor Sat Pol PP Kab. Muratara dari tahun 2014 s/d Sekarang, mempunyai jumlah Personil/anggota sebanyak 13 Orang yang berstatus Tenaga Kerja Sukarela ( TKS ) / Honorer dan memiliki 2 (dua) Armada Mobil Pemadam Kebakaran (1 berkapasitas 4500 liter, 1 lagi berkapasitas 5500 Liter). Saat ini PBK di Pimpin oleh seorang Kepala Bidang yang bernama SAMJAYA, S.Sos, beliau merangkap sebagai Kepala Bidang Pembinaan LINMAS dan PBK dan beliaupun dilantik pada bulan Januari 2017 yang lalu.

Personil/anggota Pemadam Bahaya Kebakaran (PBK) dari tahun 2014 hingga sekarang belum ada dan atau belum pernah mendapatkan pendidikan dan pelatihan DAMKAR I (satu) ke Ciracas ataupun ketempat Diklat lainnya yang menjadi tempat Diklat DAMKAR I (satu).

Beralih ke pembagian siaga/piket, dari jumlah 13 orang personil  jadwal siaga/piket PBK terbagi 2 (dua) Regu dengan di Komando oleh seorang Komandan Regu (Danru), 1(satu) Regu berjumlah 6 (enam) Orang, jam kerja 1x24 jam/regu dan tidak ada anggota dari Sat Pol PP yang ikut mengisi atau ditugaskan siaga/piket di PBK, hanya saja anggota dari Sat Pol PP di himbau untuk ikut membantu personil/anggota PBK apabila terjadi kebakaran.

Melihat latarbelakangnya, maka hasil kunjungan tersebut Sat Pol PP dan Pemadam Bahaya Kebakaran (PBK) mengajukan permohonan kepada Dinas DAMKAR dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta untuk memberikan pelatihan dan diklat pendidikan untuk para pasukan Pemadam Bahaya Kebakaran (PBK) Kab. Musi Rawas Utara (Muratara) . Hal ini akan ditindaklanjuti dengan adanya surat yang nantinya akan diterima oleh Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta sebagai acuan untuk dimulainya pelatihan dan pendidikan tersebut.

Pada akhir kunjungannya tersebut Sat Pol PP dan PBK Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) serta DPKP Provinsi DKI Jakarta saling memberikan buah tangan yang diwakili oleh Kepala Bidang Pencegahan DPKP Provinsi DKI Jakarta yang bernama Bpk. Jon Vendri dan Kepala Satuan (Kasat)  Sat Pol PP yang bernama Bpk. Haidir Kalingis sebagai tanda terima kasih atas kunjungannya pada Jumat, 09 Februari 2018.


Create Account



Log In Your Account