Mobil Tanki Terbakar di Pakistan, 140 Orang Tewas

30 Jan 2018
By: Yudhistira Ari Maesa | Pukul 16.00 WIB / internasional.republika.co.id

Jakarta - Sebuah truk tangki minyak yang tengah melintas di sebuah jalan tol terbalik, meledak dan kemudian terbakar di Pakistan bagian tengah. Sedikitnya 123 orang tewas dan 100 lainnya mengalami luka-luka.

Hal tersebut disampaikan pejabat setempat seperti dilansir dari AFP. Korban tewas mayoritas mereka yang awalnya mencoba mengumpulkan bahan bakar yang tercecer dari mobil tangki yang terbalik. Namun nahas, mobil tersebut kemudian meledak dan terbakar.

"Sedikitnya 123 orang terbunuh dan lebih dari 100 lainnya terluka karena api yang berasal dari letusan kapal tangki. Para korban mencoba mengumpulkan bahan bakar yang tumpah," ujar Otoritas Senior Pemerintah Lokal, Rana Mohammed Saleem Afzal dalam pertanyaannya.

Mobil tanki itu jatuh saat ban meledak saat berbelok di tikungan dan api menyala saat seseorang menyalakan sebatang rokok. Setelah terbalik, bahan bakar mulai bocor. Warga desa segera berlari ke tempat kejadian untuk mengumpulkan tumpahan di ember dan pot. Namun, ketika seorang yang lewat menyalakan ia sempat menyalakan sebatang rokok. Akibatnya, mobil tanker tersebut terbakar. Semua orang yang berdiri di sekitarnya langsung meninggal. Yang selamat banyak menderita luka bakar yang parah.

Bangkai mobil dan motor yang terbakar

Belum ada pernyataan resmi pemerintah mengenai penyebab peristiwa tersebut. Berdasarkan video amatir yang diunggah netizen di Twitter, tampak api dan asap hitam mengepul di tengah jalan. Tampak pula sejumlah mobil roda empat dalam keadaan gosong di samping truk yang terbakar.

Masih dilansir dari AFP, pihak militer Pakistan, pihaknya telah mengirim helikopter untuk mengevakuasi korban luka. Pakistan selama ini memang memiliki banyak catatan kecelakaan fatal. Hal tersebut karena jalan yang buruk, kendaraan rusak, dan berkendara sembrono.

 


Create Account



Log In Your Account