Sudin Damkar Jakarta Pusat Melakukan Simulasi Penanggulangan Kebakaran di Kawasan Pemukiman Cempaka Baru Timur

09 Aug 2017
By: Dwi Septiyanto | Rabu, 09 Agustus 2017 | Pukul 17.00 WIB / Sudin Damkar Jakarta Pusat

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Pusat melakukan simulasi penanggulangan kebakaran di kawasan pemukiman padat hunian di Jalan Cempaka Baru Timur, RT 11, RW 05, Cempaka Baru, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (09/08/2017).

Kasi Pengendali Kebakaran dan Penyelamatan Sudin Damkar Jakarta Pusat, Muktar Zakaria mengatakan, Sebelum kegiatan simulasi dilaksanakan para warga sekitar di berikan sosialisasi penanggulangan kebakaran yaitu penanggulangan kebakaran pada kompor gas, penanggulangan kebakaran menggunakan karung basah, dan penanggulangan kebakaran menggunakan alat pemadam api ringan.

Muktar menambahkan, Selain itu juga warga diberikan sosialisasi cara melaporkan kejadian kebakaran, sehingga bila terjadi kebakaran diwilayahnya mereka tidak takut lagi untuk hubungi petugas pemadam kebakaran, karena selama ini beberapa warga beranggapan memanggil petugas pemadam itu bayar.

Kita juga ingin melihat seberapa sigapnya warga sekitar apabila terjadi kebakaran, sehingga mereka mengetahui apa saja peran mereka apabila terjadi kebakaran serta bagaimana cara pelaporannya,” tandasnya.

Simulasi baru mulai dilaksanakan pukul 10.30 WIB hingga pukul 12.00 WIB dengan melibat unit untuk mengukur respon waktu tanggap petugas ketika terjadi kebakaran mereka sudah memilik SOP bila terjadi kebakaran diwilayah tersebut,” kata Muktar.

selain itu juga untuk memetakan lokasi tersebut bila terjadi kebakaran sehingga penempatan posisi dan peran petugas serta lokasi-lokasi sumber air petugas ketahuinya, intinya untuk mengukur seberapa kesigapan petugas,” ucap Muktar

 


Create Account



Log In Your Account