Dua Kasus Insiden Kebakaran Kapal Hari Ini Diputuskan.

Jakarta - Mahkamah Pelayaran hari ini akan membacakan dua putusan berbeda terhadap dua kasus insiden kebakaran kapal.

Putusan pertama akan dibacakan menyangkut terbakarnya Kapal Motor Penumpang Lampung yang terbakar di Pelabuhan Merak, Banten pada 16 November 2006 lalu. Sementara putusan kedua akan menentukan nasib awak KMP Levina I yang terbakar di Kepulauan Seribu pada 22 Februari lalu.

Ketua Mahkamah Pelayaran, Tjahjo Wilis Gerilyanto dikonfirmasi, Jumat (11/5) pagi ini mengungkapkan, keputusan peristiwa terbakarnya KMP Lampung akan dilakukan pada pukul 09.00 WIB pagi ini, sedangkan keputusan kasus kecelakaan KMP Levina akan dilakukan usai Sholat Jumat siang hari nanti.

"Jadi majelis sudah memberikan jadwal pada pembacaan itu. Yang intinya berdasarkan Undang-Undang Nomor 21 Pasal 93 Ayat 2, dan kemudian Peraturan Pemerintah Nomor 1 Tahun 1998 tentang Pemeriksaan Kecelakaan Kapal yang dikaitkan dengan Pasal 373 Kitab Undang-undang Hukum Dagang (KUHD), Mahkamah Pelayaran akan memberikan sanksi administratif kepada nahkoda atau perwira yang dinyatakan tersangkut dalam kecelakaan tersebut, yang ternyata terdapat kesalahan, kelalaian dalam melaksanakan profesi kelautannya," jelas Tjahjo Wilis. (elshinta.com)