Sudin Gulkarmat Jakpus Gelar Latihan Penanggulangan Kebakaran di Rutan Salemba

Rumah Tahanan (Rutan) Salemba Kelas 1A, Jakarta Pusat, melakukan pembekalan dan simulasi pemadaman bagi pegawai guna mengantisipasi kebakaran termasuk di sel warga binaan.

Karutan Salemba Kelas 1A, Yohanis Varianto mengatakan, pelatihan dan simulasi pemadaman kebakaran dilakukan bersama Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Pusat.

"Kita mengadakan simulasi dengan seluruh jajaran untuk memberikan hal-hal yang perlu mereka ketahui agar khususnya di Rutan Kelas 1 Jakarta Pusat ini tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," kata Yohanis di Lapangan Rutan Salemba, Jakarta Pusat, Rabu.

Selain kepada Petugas Pemasyarakatan Rutan Salemba, pemahaman terkait pemadaman kebakaran juga diberikan kepada warga binaan.

Sudin Gulkarmat Jakarta Pusat juga sebelumnya melakukan pengecekan terhadap alat pemadam api ringan (APAR) serta hydrant di lingkup Rutan Salemba guna memastikan fasilitas itu berfungsi jika terjadi kebakaran.

"Hydrant kita memang perlu perbaikan dan itu sudah kami sampaikan kepada teman-teman dari pemadam kebakaran. Di beberapa titik yang rawan juga akan kita siapkan APAR," kata Yohanis.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Seksi Sektor Gulkarmat Cempaka Putih, Teguh Eko Murphi mengatakan, simulasi penanggulangan kebakaran kepada pegawai dilakukan dengan alat tradisional, seperti karung goni basah, APAR hingga cara menyiasati masalah kebocoran gas rumah tangga.

"Kita juga sudah buat standar operasional untuk lapas dan rutan terkait langkah-langkah saat terjadi kebakaran," kata Murphi.

Selain itu Rutan Salemba Kelas 1A juga berencana mendirikan Pos Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan untuk mengantisipasi kebakaran.