Pohon Kedondong di Jalan Raya Penggilingan Tumbang Menimpa Kabel Listrik

Pohon Kedondong di Jalan Raya Penggilingan, Kelurahan Penggilingan, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur tumbang pada Minggu (22/11/2020).

Kasi Ops Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur, Gatot Sulaeman mengatakan pohon dilaporkan tumbang pukul 20.15 WIB.

"Hasil pengecekan pohon sudah mulai rapuh, tiba-tiba tumbang dari batang pohon bagian bawah yang menimpa kabel listrik," kata Gatot.

Beruntung saat tumbang batang pohon berdiameter sekitar satu meter itu tidak menimpa warga di Jalan Raya Penggilingan yang sedang melintas.

Namun batang pohon dengan tinggi lebih dari 5 meter itu sempat menutup Jalan Raya Penggilingan yang berada di wilayah kawasan PIK.

"Untuk evakuasi kita kerahkan satu unit mobil light rescue berikut empat personel ke lokasi melakukan evakuasi. Jadi batang pohon dipotong menggunakan gergaji mesin," ujarnya.

Gatot menuturkan evakuasi dengan cara memotong batang pohon jadi bagian kecil melibatkan personel Sudin Pertamanan dan Kehutanan Jakarta Timur.

Lalu Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Penggilingan, evakuasi yang dimulai pukul 20.35 WIB rampung pukul 21.20 WIB.

"Setelah batang pohon tumbang yang tumbang dievakuasi arus lalu lintas di lokasi kejadian kembali lancar. Alhamdulillah enggak ada korban," tuturnya.